Berita

TANGERANG SELATAN - PT Inuki (Industri Nuklir Indonesia) (Persero) berpartisipasi dalam meramaikan pameran tahunan Kesehatan 2019 yang digelar oleh Kementerian Kesehatan di ICE, Tangerang Selatan, Sabtu (9/11/2019).

Pameran Pembangunan Kesehatan 2019 ini juga dihadiri Menteri Kesehatan, Dr. Terawan Agus Putranto serta sejumlah pengamat, akademisi, mahasiswa, juga pakar kesehatan yang tersebar di seluruh Indonesia.

Direktur Produksi PT INUKI - Bunjamin Noor (kiri) bersama Menteri Kesehatan RI - Bapak Terawan Agus Putranto (kanan).
Direktur Produksi PT INUKI - Bunjamin Noor (kiri) bersama Menteri Kesehatan RI - Bapak Terawan Agus Putranto (kanan).

Direktur Produksi PT InukiBunjamin Noor menyatakan rasa bangganya lantaran PT Ikuti bisa ambil bagian di acara bergengsi Kementrian Kesehatan ini.

Bunjamin Noor saat bertemu Menteri Kesehatan di boothnya, menjelaskan soal kerja dari pengobatan nuklir dengan Siklotron & PET / CT Technology dan juga kans pasar pengobatan nuklir ini di negara-negara ASEAN yang meliputi Thailand, Malaysia, Indonesia, Kamboja, Vietnam, Singapura, dan Filipina.

“Inuki akan bertransformasi sebagai center of excellent di bidang nuclear medicine dan mendorong sinergi antar kementerian/lembaga yang terkait untuk pengembangan siklotron di Indonesia serta membantu mewujudkan nawacita Presiden Republik Indonesia, yaitu Indonesia Sehat,” ungkap Bunjamin.

Duta Besar Colombia mengunjungi booth INUKI di Pameran Pembangunan Kesehatan 2019
Duta Besar Colombia mengunjungi booth INUKI di Pameran Pembangunan Kesehatan 2019

 

Dikatakan Bunjamin, di negara-negara maju, jumlah pusat pelayanan kedokteran nuklir sekitar 2-4 pusat untuk 1 juta jiwa. Di Indonesia, hanya terdapat 4 pusat untuk 260 juta penduduk.

Permasalahan bagi para penyedia pelayanan kedokteran nuklir saat ini adalah, saat ini RS tidak dapat mengedarkan/menjual produk radiofarmaka ke institusi lain di luar RS, karena terbentur regulasi, sehingga produksi menjadi sangat mahal dan tidak efisien.

Hal ini disambut baik Menkes Terawan dan menyatakan optimistis kalau Indonesia bisa menjadi bangsa yang mandiri dengan menghasilkan produk-produk berkualitas dan siap bersaing.

"Melihat ini semua di lokasi pameran ini, saya makin yakin kita bisa menjadi bangsa yang siap di 2045 untuk Indonesia maju. Lihat saja wajah saya bahagia sekali. Tinggal bagaimana pemerintah mendukung pemanfaatan alat-alat inovasi tersebut," jelas Menkes Terawan.


Sekjen Kemenkes beserta jajaran mengunjungi booth INUKI di Pameran Pembangunan Kesehatan 2019
Sekjen Kemenkes beserta jajaran mengunjungi booth INUKI di Pameran Pembangunan Kesehatan 2019


Sumber Berita : https://www.tribunnews.com/metropolitan/2019/11/10/pameran-pembangunan-kesehatan-2019-diikuti-oleh-pt-industri-nuklir-indonesia

PT Industri Nuklir Indonesia (Persero)

Tentang Kami

PT INUKI (Persero) merupakan satu-satunya Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak dalam industri berbasis teknologi nuklir.

Kantor Pusat
Kawasan Puspiptek Serpong Gedung 70, Muncul, Setu, Kota Tangerang Selatan, Banten 15314

Kantor Cabang
Menara MTH Lt. 7 Suit 706-707
Jl. Letjen M.T. Haryono, RT.10/RW.9, Tebet Tim., Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12820

Links